Graphic Design Blogs - BlogCatalog Blog DirectoryJoin My Community at MyBloglog!Test your Internet connection speed at Speedtest.netArtsGet this blog as a slideshow! Free Page Rank Tool

Monday, June 29, 2009

Cara membuat secarik kertas Notes

Ada yang berbeda pada postingan saiia kali ini.. Entah apa maksudnya saiia membedakan yang satu ini saiia sendiri gag jelas maksud dan tujuannya... Tapi iia sudahlahh... di lanjut ajja biar tambah maknyusss. Mungkin ini akan menjadi satu-satunya postingan saiia tentang PSD-Tut yang menggunakan 'Bahasa'... so, please pay attention on this one... be seated and Enjoy!


Prakata

Banyak yang berpikir bahwa mempelajari photoshop sangat sulit dan membosankan. Di sini, kami mencoba untuk membuka hati temen2 semua dengan pemikiran sebaliknya tentang aplikasi disain satu itu.


Adobe Photoshop adalah program pengolah grafis terkemuka di dunia yang telah digunakan secara luas oleh para profesional di bidang desain grafis, fotografi maupun pemula yang memiliki minat di bidang tersebut.



Selain mempunyai kemampuan untuk menangani perbaikan foto (photo retouching), Adobe Photoshop juga mampu membuat efek-efek mutakhir. Efek-efek semacam ini tentunya sangat dibutuhkan oleh para penggunanya. Dengan menambahkan suatu efek, sebuah foto yang semula biasa saja, bisa menjadi luar biasa.

Sekedar penyemangat, sekiranya kalimat berapi-api tadi siap membakar semangat berphotoshop ria kita pada episode Photoshop tutorial Marvelklik magazine kita kali ini.

Batang Tubuh

OK, gk perlu berpanjang-lebar petatah-petitih tentang program yang akan kita uji-coba ketangguhannya, langsung saja saya ambilkan contoh mudah dalam mewujudkan 'sulap' yang sejak tadi saya gembar-gemborkan di awal. Kita akan mempelajari bagaimana dengan mudahnya kita membuat 'secarik kertas/note' yang banyak kita temui dalam kehidupan kita.

Temen2 tentunya kenal sama yang namanya kertas, paper apalah namanya, hahahaha... kita akan mencoba membuat 'selembar kertas' yang lalu kita tempelkan di mading sekolah, tembok atau dimana saja temen2 suka.




Step berikut cukup unik. Tujuan kita adalah menggandakan apa yang sudah kita buat pada pinggiran kertas tersebut menjadi sepanjang kertas bagian atas. Sewaktu seleksi tersebut masih aktif, tekan TAB pada PC sambil menggeser kursor dengan menekan tanda panah ke arah kiri yg juga terletak pada keyboard. Ulangi dan ulangi lagi! Beres?!?!?! Hasilnya akan seperti ini.




Langkah Magic lagi. Pada palet layer, bisa terlihat 3 buah layer, Background, kertas dan garis, aktifkan layer Garis, lalu arahkan kursor tepat di antara layer 1 (kamu tentunya menamakan Layer tersebut dengan nama Layer Garis bukan, hehehehe...) dengan layer kertas sambil menekan Alt... kamu akan melihat sebuah icon dengan bentuk kepala yang sedang menggunakan headset, OK, klik (kiri tentunya!). Itu artinya semua 'bentuk' yang berada pada leyer Garis yang tidak berada di atas layer kertas (garis biru yang berada di luar 'kertas') akan hilang -tertutup- dengan layer di bawahnya, yakni layer 'kertas'. Ajaib bukan. Layer yang berada di bawah 'menutup' layer yang berada di atasnya.




Viola... selesaaaaiii!!!


Akhirul Kalam,

Kita telah menyelesaikan secarik kertas catatan yang biasa kita buat, ditempel pada mading sekolah, ditempel di pintu kulkas atau dimana saja kamu mau.. sekali lagi... terserah...!!! Semoga kita belajar sesuatu dari tutorial tadi.

Sentuhan pada gambar akhir saya adalah, dengan penambahan sedikit Grungy Effect pada lembar kertas tersebut, sedikit bekas lipatan pada tiap pinggirnya menambah orisinalitas gambar tersebut. Untuk pelajaran mengenai bagaimana kita membuat lipatan-lipatan tepi sebuah gambar, kertas misalnya pada contoh kali ini, atau bahkan Effek2 seperti Grungy Brush yang saya singgung barusan, bisa kamu dapatkan pada episode-episode Marvelklik mendatang lainnya.



genialbutuhsomay pamit. Arrivederci!





anda puas kami lemas





60 comments:

wah...tutorialnya mantap nih.. :D

Siiiip bro...meski aku rada gaptek...aku suka dengan artikel2 yang bermanfaat kek gini...
btw sekarang pake bahasa indo ya...keknya kalo nggak salah dulu pake basa inggris ndak ya...?

@ kakve-santi : terimakasih kang :) moga bermanfaat :)

@ buwel : iia nii kang.. lg angot keknya makanya pake BAHASA :) the one and only sii kek nya :)

makasih kembali sayang....wakakakakakaka...pake sayang lagi...hehehehehhe

cini cini ciniii di peyukkk iia... huakakakakakak...

gillee .. panjang bgt cob...

okey dah aku sedot dulu nih,,,

maksih ya... trus smgt !!

maunya sii dipersingkat kang... tp takutnya malah mutusin rantai yg penting... iia terpaksa saiia urai semua :(

kedatengan master blog nii saiia nya... makasih kang uda mo mampir :)

Photoshop masih sekedar mimpi bagi PRof....ketekunan dalam mempelajari, itu yang paling dbutuhkan, tapi sekaligus yang paling PRof tak punya....

oooww ow oww...

ID PRof itu milik kang Ijo tokh... heheheheh... suka merendah nii PRof... master2 smw soalnya yg berseliweran di dunia maya ini :)

Waakss... Tutorialnya lengkap n jelas banget!

Aku taruh link mu diBlog ku yaaa... Thank you :)

Ada AWARDS buat sahabat di

http://awalsholeh.blogspot.com/2009/06/award-friendly-awal-sholeh-naik-kelas-2.html

syukuran naik kelas 2

Waw...panjang bgt,tapi hasilnya keren euy.. Lain kali ajarin bikin header blog donk!!

sudah diajarin temen tapi blm sempet coba2 sendiri nih. tks ya utk tipsnya. jadi kalo lupa bisa mampir ke sini.

tapi kayaknya memang lebih enak kalau belajarnya sambil praktek ya, jadi ada yg ngajarin di depan kita sambil kita praktekkin, kalau baca2 sendiri agak2 puyeng nih *he..he..dasar lemot nih otak*

Penting nich tutorialnya, sayangnya aku ga punya photoshop, ga ku ku beli :(

Bangkit lagi birahi tuk pelajari Photoshop....

Mohon bantuannya......

aduh panjang juga ya langkah2nya
keburu cape ntar

wow keren............aku simpan halaman ini ya buat latihan nanti. btw, kalau ada koleksi brush keren di post donk hehehe

@ Ariyanti : sukses buat Cinema Sanc nya :) COOL!!!
@ Awal Sholeh : sedang dalam proses penggodokan kang.. terimakasih atas kepercayaannya :)
@ Erwine Reidha : header? ada ko' tut nya di sini :p ubek2 aja di bagian photoshop :)
@ Sang Cerpenis bercerita : dimonggo mba' Fann..
@ Ani : iia mending di save page as ajja mba'... bawa ke rumah tanpa online internetnya.. soalnya klu internetan sambil belajar gag bakalan konsen :P hhiihhhi...
@ wisata purwa : alhamdulillah 'super' (bhsa p'cis dot kom)
@ ajieee : emangnya pake apa?!?!?!
@ Lala : penting itu.. apa salahnya punya yg bajakan :p viva la piracy :) lhohh?!!?! gmn liburannya La?!??!
@ PRof : asal tak kau arahkan birahimu padaku PRof... huakakakkaka...
@ Jeng Sri : gag usah di paksain jeng... ntar saiia bagi 3 steps deh :(
@ edylaw : brush? lik telah dikirim... makasih ampirannya kang Ed :)

Saya juga belajar photoshop....tapi gak mahir2..hehehehhe..sekalian numpang belajar..tuorialnya mantap neh....tapi banyakan bahasa inggris yak......

aaiiihhh dossaaaaa.. hehhehe..
panjan9 amad yaa.. :)
meski aku nda don9 dan 9aptekk sun99uh,tapi ini san9ad bermanfaat sekali,aku tuch pen ban9ed blajar.. :(
mau bisa.. ajarin 9en ..
[Lah kan da dikasih tutorial wien..?? ]

iyahh hehehe.. aiiiihhhhhh... :)

lha ini gambar bisa dipajang di desktop sebagai catatan
tengkyu

pengen sih blajar photosop tapi kompiku suka ngosngosan buat file yg agak gede2 jadi ya letoy......thanks kang

Hmmm.... sepertinya patut di coba nih tutorialnya, hehehe....

Eniwe DT apaan yah???

Woww... mantap bro!! siip!!

heuuuuu.... tap surantap en top margotop... lanjutkan weh lah :D

Desain yang lain dong bro... :)

Mantap tutorialnya...jadi pengen belajar photosop...makasih dah berbagi

hmmm..klo gitu aq coba dh..soalnya aq rada ribet pake photocop...thank inponya bro

hmmm..klo gitu aq coba dh..soalnya aq rada ribet pake photocop...thank inponya bro

Rumit, eui...
Secara sya lagi gak buka photosop :D

hi genial. how are you?
sorry been bc lately...
but i am here visiting you ^_^

@ Si Gembala : iia nii kang.. mengejar sesuatu yg gag di dpt2.. :p makanya terpaksa linggisan ngono kui :(
@ wi3nd : aiiiii dossaaaaaaaa... jd binun nii :(
@ attayaya : parem kang atta.. di monggo.. adem2 ajj nii :)
@ wh : letoy?!?!? kek burungnya si lelaki aneh gag kang yg abis di garap suster cantik?!?!?! hukakakakakaka...
@ Shien Maw : DT iku DreamTheater apa iia kang iia?!?!?
@ Joddie : seeeeeeeeeppp :thumbsup: buat kang Joddie :)
@ saka : akangnya bsa ajja nii :p makasih kang...
@ Fariskhi : nii lg lom sempet nii kang.. majang award dulu lahhh :p
@ Dinoe : makasih uda mo berkunjung :)
@ suzhu : sama ribed nya dund ma saiia :p
@ Putri : rumiiittt eeuuyy.. kata sapaaa?!?!? hihihihihi... sabar kang.. ehh non :)
@ Meryl : it's ok dear.. i've been visited you today.. nice review you've done about that product :)
@ faizz : dimonggo kang.. kmn ajja nii ?!?!?

masalahnya, saya ga punya file potosop, kemarin dunlud di inet dpt yg trial,padahal mau belajar hiksssss

yg portablenya uda coba?!?!?

Hmmm, keren juga nih tutor'x...
Kapan2 gue praktekin deh, ehhehehe...

sipp.. saya bookmark nie kang lesson sotosopnya :D

maklum keseringan mbawa nam makanan jadinya.. xixixi

tuk akang zippy sama bli nara ; dimonggooo di irup soto nya :)

Keren sangat mas...

Gak tau kalo pake photoshop bisa buat begituan juga. Photoshop yang digunakan versi apa mas?

Salam, kojeng. :)

makanya saiia gag bergitu suka nerbitin yang versi manipulasi dsb... karena di dlm sotosop, terkandung lebih dari sekedar manipulasi dan retouching seperti layaknya site2 sotosop yang nampilin trik2 aneh bin ajaib bin keren... gpp juga sii.. cma berusaha buat nampilin sisi lain dari sotosop itu sendiri yang sepertinya banyak dilupain org2... yakni, mencipta... :) :thumbsup:

saiia pake PS 7 ajjah kang :)
tp sekarang uda pake CS2 trs CS3 :p

waw.. manteb nih.. ekdpreimennya..
keep your sharing brow..

eksperimen kali iia kang maksudnya :(
doain ajja saiia nya terus bisa ngenet kang :p
pasti apa ajja saiia share deee :thumbsup:

Thank u for the tutorial. Thanks berat^^

sama-sama... maksihh iia udah berkenan mampir :) gmn cring2 dollar nya!??!? hihihihihih.. awas lo yahhh...!!!

idihhhh... mau tau aja hahahahaha ditunggu tutorial potosop lainnya yg ajiiippp.... :D

Salam dari potosop dan soto-sop selalu!!!!

weeeh boleh nih tips yang ini saya coba bro. trims banget atas petunjuknya. salam sukses.

sama-sama kang... moga bermanfaat banget dahh :thumbsup:

fiuhhh akhirnya :)
makasih juga pangeran sinting :) wkwkwkwkw...

sip....


masih baru mulai belajar gtuan nih... :D

iia kang saiia juga masih terus belajar.. :)

sya suka tutorialnya,...keren banget ya photoshop,.. terimakasih sudah menambah ilmu

kode warna untuk garis merahnya berapa gan ???

Post a Comment

When you gotta go, you gotta go! Throw it all away HERE! Lmao!