Graphic Design Blogs - BlogCatalog Blog DirectoryJoin My Community at MyBloglog!Test your Internet connection speed at Speedtest.netArtsGet this blog as a slideshow! Free Page Rank Tool

Thursday, April 01, 2010

Text on Wet Sweaty Window

Text on Wet Sweaty WindowTutorial kali ini special pake telor karena saiia tulis menggunakan bahasa Indonesia. Menyenangkan bukan?!?! OK langsung ajja, setelah lama menghilang dan hanya muncul melalui postingan-postingan terjadwal, akhirnya saiia bisa kembali menulis tentang tutorial Photoshop. Pembahasan kali ini mengenai bagaimana cara menuliskan teks layaknya teks yang tertulis pada sebuah kaca, jendela misalnya, dll.


Apa ajja yang diperlukan untuk pelajaran kita kali ini? Hmm.. gag banyak en gag ribed... hanya beberapa image source seperti, sebuah photo (pemandangan misalnya atau apalah yang akan kita pergunakan sebagai background) lalu sebuah gambar kaca yang basah (habis terkena hujan atawa embun.

Untuk source image yang kedua, jika jeneungan gag punya, silahkan save gambar di bawah ini...


Text on Wet Sweaty Window



Langkah pertama

Silahkan buka gambar yang baru ajja jeneungan save (kaca basah) di photoshop jeneungan. Lalu buat gambar tersebut menjadi Hitam Putih dengan menekan Shift + Ctrl + U (desaturate). Buat photo hitam putih tadi menjadi agag sedikit gelap dengan mengatur Levelnya dengan menekan Ctrl + L.


Text on Wet Sweaty Window



Kira-kira hasilnya seperti ini... (huehehe... gag terlalu beda iia sama yang pertama setelah di desaturate tadi?). Jangan khawatir kang, nanti baru kliatan, sekarang sii.. huehehehe..


Text on Wet Sweaty Window



Lanjut!!!

Langkah kedua

Buka photo akang tante bunda neng geulis sekalian yang sekiranya akan sampeyan pake buat pemandangan di luar jendela. Sesuaikan photo tersebut dengan ukuran Kaca Basahnya atau sebaliknya (sesuaikan ukuran kaca basah menurut ukuran photo panjeneungan semua, pink).


Text on Wet Sweaty Window



Untuk menambah pemandangan tersebut menjadi lebih realistis, masukkan efek Filter > Blur > Gaussian Blur dengan radius kira-kira 5,5px, lalu ganti Layer Modenya menjadi Overlay dengan Opacity kira-kira 80% cukuplah. Lihat maksud dan tujuan kalimat di atas pada gambar di bawah ini..


Text on Wet Sweaty Window



Demikian kira-kira untuk penerapan Background yang harus kita siapkan untuk mendapatkan Efek Text on Wet Sweaty Window kita. Sekarang berlanjut pada langkah berikutnya, yakni persiapan kita akan Textnya itu sendiri.

Langkah ketiga

We're gonna move to the main strep of our basic great tutorial now. Obvious! Teks itu sendiri! Pilih Brush Tool (B) lalu pilih model standar yang disediakan Photoshop, kita gag akan neko-neko, kecuali klu kitanya emang mau neko-neko... :p


Text on Wet Sweaty Window



Buat sebuah Layer Baru, namai Text on Wet Sweaty Window atau apalah terserah akang panjeneungan sampeyan hatur nuhun hatur tengkyu ararojesss!!! Lalu pada layer baru tersebut, goreskan Brush yang sudah kita siapkan tadi beberapa kata, untuk ukuran Brushnya, akang jeneungan mba ibu bunda abang sekalian silahkan disesuaikan dengan canvasnya, di sini saiia mengurangi ukuran (ujung brush) hingga kira-kira 30%.. lalu... terserah lagi nii kang, tante, mba.. mau nulis apa ajja terserah, bagusnya sii nulis 6raphic.blogspot.com oyyyeee! huehehehehe... gmn... kelar?!?!?


Text on Wet Sweaty Window



Masih pada layer yang sama (layer text buatan akang), kecilkan ukuran brush menjadi kira-kira 8-10px untuk membuat tetesan-tetesan embun yang mengalir pada bagian-bagian tertentu dari huruf yang akang buat menggunakan brush di awal tadi...

Note : Ingat.. buat ukurannya sedinamis mungkin dengan bantuan Bricket [ dan ] pada PC akang, gag perlu takut akan membuat kesalahan.. gag ada yang namanya salah dalam menggambar/design seperti ini, hhmm.. hasilnya kira-kira seperti ini...



Text on Wet Sweaty Window



Untuk memberikan kesan bahwa teks yang kita buat ini tertulis pada kaca (jendela basah dalam hal ini, pink) maka ada perlunya kita menambah sebuah layer baru, namai dengan Putih, siram layer tersebut (yang berposisi di atas layer teks Text on Wet Sweaty Window yang akang buat) dengan warna Putih tentunya, what else?!?! hueheheh... lalu ubah Layer Modenya menjadi Soft Light dengan pengaturan Fill 75%.

Setelah itu, kembali pada layer teks Text on Wet Sweaty Window layer, ubah juga Layer Mode menjadi Overlay, pada bagian Fillnya, isikan dengan 75% atau yang sekiranya akang mba tante bapak rasa cukup...

..dan.. taraaa..

Result


Text on Wet Sweaty Window


Download The PSD File here or even Here!

All file downloadable here!



19 comments:

Hi....makasih dah mampir ke blog ku ya..... kunjungan balik nih... :)

weleeh isinya tutorial tutorial bermanfat bangeet lumayan buat belajaar >.<

sekalian follow back saya ya

wuihhhh efekna keren nih.....

ajeeeb mantab nih mas nya plus blognya :)

keren mas tutorialnya :)
saya jadi tau hal baru :) makasih mas...

Nice blog & good design. You have beautifully maintained, you must try this website which really helps to boost your traffic. hope u have a wonderful day & awaiting for more new post. Keep Blogging!

gratefuly thank's for that info :) I'm in :)

Heeee? Kok bisa gituuu? Kereeen! *langsung praktek ah...*

tutorialnya te o pe abis mas, aq langganan artikel ya? barusan dah subsribe email

salam
Andrik Sugianto

bener tuh mas nya, saya sampai takjub :)

pda langkah k3 sepertinya ada tahap yang sia-sia kalau ngeliat hasil gambar di atas mas?!?!?

layak tuk di coba... semoga bisa terus pake bhsa endonesa aja mas :)

makasih lain waktu inyong coba

Post a Comment

When you gotta go, you gotta go! Throw it all away HERE! Lmao!